Manfaat Ciuman Ternyata Banyak

Matthew Messina, DDS, dokter gigi dari American Dental Association menerangkan bahwa timbulnya air lur yang berlebih sebagai efek berciuman dapat membantu mencuci gigi dari bakteri dan dapat mencegak timbulnya plak.

Sementara Bryant Stamford, PhD, direktur di pusat promosi kesehatan Universitas Louisville menyatakan bahwa berciuman dapan membakar kalori. “Saat ciuman anda akan membakar banyak kalori, lebih banyak dibanding rata-rata metabolisme normal tubuh.” Sementara ada beberapa ahli yang menyatakan bahwa ciuman dapat menjadi sarana olah raga bagi otot-otot muka.

Keuntungan lain dari berciuman antara lain juga dapat mengurangi stress. Hal ini diungkapkan psikolog Joy Davidson, PhD menggambarkan manfaat ciuman seperti meditasi sensual. “Ciuman akan menghentikan kekacauan dalam pikiran anda, meningkatkan rasa nyaman dan akan mempertinggi rasa percaya diri.”

Ciuman adalah salah satu proses investigative. “Dengan berciuman, berarti anda telah mempercayai pasangan anda. Sekaligus merupakan proses pengenalan – sentuhan, merasakan dan memperhatikan ekspresi wajah pasangan dan menelusuri lebih jauh dengan tanggapan pasangan, “ ujar Helen Fisher, professor antropologi di Universitas Rutger dan pengarang buku The Sex Contract and Anatomy of Love.

Bahkan Fisher menerangkan bahwa ciuman dapat meningkatkan sistim ketahanan tubuh. “Saat anda bertukaran kuman dan baksil, hal tersebut akan meningkatkan sistim kekebalan tubuh.”

Faktanya adalah berciuman biasanya akan berlanjut pada sentuhan. Sentuhan dan pijatan akan melepaskan oksitosin, semacam hormone yang diketahui mempu memberi efek tenang pada tubuh. Karena Oksitosin juga dilepaskan pada saat bayi mengisap susu dari payudara ibunya. Inilah yang menyebabkan munculnya ikatan emosional yang kuat antara bayi dengan ibunya. Webmd

Tag: , , , ,

Satu Tanggapan to “Manfaat Ciuman Ternyata Banyak”

  1. ramadhan Says:

    trimakasih sahabat….ditunggu ulasan2 menarik lainnya… yang pasti banyak hikmah dan manfaatnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: