Membangun Tulang Yang Kuat

Statistik tidak pernah menipu, dan osteoporosis merupakan epidemi nasional. Sekitar sepertiga wanita yang telah mengalami menopause mengidap “penyakit tersembunyi” ini yang mungkin akan berkembang nyata tahun demi tahun tanpa terlihat gejala yang nyata.

Mengapa kepedulian ini harus kita miliki? Karena osteoporosis biasanya akan menyebabkan tulang melemah, keropos dan mudah retak/patah – umumnya di pinggul, pinggang dan bahu. Diperkirakan satu dari lima orang meninggal dalam satu tahun saat ia menderita retak pinggul. Ini adalah statistik dan anda boleh tidak mempercayainya, tetapi kenyataannya seperti itu.

Menurut National Osteoporosis Foundation, konsumsi kalsium harian 1.000 sampai 1.200 miligram untuk wanita dan pria dewasa cukup bagi tulang. Untuk menambahnya anda dapat menambah makanan kaya kalsium antara lain:

  • Susu rendah lemak.
  • Sarden dan salmon kaleng yang mengikutkan tulang.
  • Brokoli
  • Bayam dan sayuran lain yang berdaun hijau gelap.
  • Produk yang diperkaya kalsium seperti jus jeruk atau sereal.

Jika dirasa belum cukup, anda dapat mengkonsumsi suplemen dan sebaiknya konsultasikan dengan ahlinya.

Vitamin D adalah unsur penting yang membantu penyerapan kalsium. Untungnya kulit kita memproduksi vitamin D saat kita berjemur pagi. Cukup lakukan 10 sampai 15 menit berjemur dua atau tiga kali seminggu. Minum susu yang diperkaya dengan vitamin D dapat dilakukan pula, hanya saja berhati-hatilah karena terlalu banyak vitamin D dapat menyebabkan keracunan.

Hati-hatilah terhadap alkohol, karena dapat mempengaruhi metabolisme vitamin D yang berpengaruh pada penyerapan kalsium. Konsumsi alkohol yang berlebihan ini juga berpengaruh pada produksi hormon dan menyebabkan siklus menstruasi yang tak beraturan pada wanita sebelum mencapai usia menopause. Ditambah juga dapat menurunkan kadar terstosteron yang dapat menyebabkan meningkatnya resiko osteoporosis.

Jika anda perokok, cobalah berhenti. Merokok terbukti menjadi sebab berkurangknya kepadatan tulang dan meningkatkan resiko retak. Jika tulang anda retak/patah rokok akan menghalangi/memperlambat proses penyebuhan karena perokok biasanya akan memiliki jumlah oksigen yang lebih rendah dalam darah. Wanita perokok juga rata-rata akan mengalami menopause lima tahun lebih cepat daripada yang tidak.

Perlu diketahui bahwa bila anda berada dalam terapi obat, anda juga akan mengalami resiko meningkatnya osteoporosis. Obat-obatan trsebut antara lain :

  • Obat-obatan yang mencegah respon daya tahan tubuh (immunosuppressant)
  • Obat-obatan anti kolesterol
  • Obat terapi hati jangka panjang
  • Obat gondok
  • Obat-obatan pencegah migrain

Bila anda masih memerlukan jenis-jenis obat di atas, ada baiknya konsultasikan dengan dokter anda.

Jalan terbaik dan murah untuk menghindari osteoporosis adalah olah raga. Tarik otot dari tulang akan membangun lebih banyak sel tulang. Joging, jalan santai atau neik tangga akan memperkuat tulang. Lakuan dengan teratur mungkin anda tidak akan memerlukan suplemen-suplemen yang lain.

Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: