10 Penyebab Kematian Pria

Tahukan anda penyakit yang paling berbahaya bagi pria? Berikut beberapa di antaranya.

Menurut Center for Diseas Control and Prevention (CDC) tahun 2003, lebih dari satu juta pria di Amerika Serikat meninggal dan 80 persen di antaranya dikarenakan sakit jantung. Berikut daftar 10 penyakit yang perlu diwaspadai menuru DCD dan semuanya dapat dicegah.

1. Penyakit jantung (28 persen menjadi penyebab kematian pria).

Sebanyak seperempat dari penyakit jantung yang berujung kematian terjadi pada pria berusia 35 sampai 65 tahun. Penyakit ini dapat dicegah dengan menerapkan gaya hidup yang sehat. Dengan gaya hidup sehat maka tekanan darah, kadar gula darah akan terjaga. Gaya hidup sehat yang diterapkan dapat berupa:

  • Hindari rokok dan produk tembakau
  • Konsumsi makanan yang sehat dan seimbang serta menghindari makanan kaya lemak
  • Mempertahankan berat tubuh yang sehat
  • Sekurangnya 30 menit olah raga setiap hari
  • Pantau kolesterol dan tekanan darah

2. Kanker (24 persen)

Kanker paru-paru mengambil porsi 90 persen dalam 24 persen penyakit penyebab kematian pria, disamping kanker prostat dan kanker kolorektal. Beberapa pencegahan yang dapat dilakkan antara lain:

  • Hindari rokok dan produk tembakau
  • Konsumsi makanan yang sehat dan seimbang serta menghindari makanan kaya lemak
  • Mempertahankan berat tubuh yang sehat
  • Sekurangnya 30 menit olah raga setiap hari
  • Hindari selalu terpapar sinar matahari dan zat karsinogen di rumah maupun pekerjaan.
  • Pemeriksaan kesehatan/check-up berkala dan perhatikan sejarah penyakit dalam keluarga.

3. Kecelakaan (5,9 persen)

Kecelakaan kendaraan bermotor memegang porsi terbesar dalam kasus kecelakaan yang berujung pada kematian. Untuk itu berkendara dengan aman menjadi isu utama.

Keracunan menjadi urutan kedua dalam kategori ini. Keracunan bisa terjadi akibat karbon monoksida, dan keracunan makanan.

Jatuh, terpeleset dan tenggelam berada di urutan ketiga. Pencegahan dengan memasah pengaman dan menghindari aktifitas luar ruang sendiri dapat digunakan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Stroke (5,1 persen)

Stroke menjadi penyebab kematian pada pria dan wanita dengan jumlah yang seimbang. Pencegahan dapat dilakukan dengan selalu mengontrol tekanan darah dan menerapkan gaya hidup sehat serta melakukan manajemen terhadap stres.

5. Bronkitis dan penyakit pulmonari lainnya (5,1 persen)

Penyakit ini sangat berkaitan dengan kanker paru-paru. Untuk itu gaya hidup sehat dapat mencegah berkembangnya penyakit ini seperti tidak merokok dan menghindari menjadi perokok pasif serta menghindari terpapar bahan kimia.

6. Diabetes (2,9 persen)

Penyakit ini akan menjadi sangat berbahaya bila dialami bersama dengan penyakit lain atau komplikasi. Sakit jantung dan stroke menjadi kombinasi yang sempurna yang menjadikan diabetes pembunuh ke-enam. Selain berujung pada kematian, diabetes dapat memicu timbulnya disfungsi ereksi, kerusakan syaraf, nyeri dan hilangnya indera perasa pada tangan atau kaki, kebutaan dan gagal ginjal. Menerapkan gaya hidup sehat dapat membantu mencegah timbulnya penyakit diabetes.

7. Influensa dan pneumonia (2,4 persen)

Infeksi virus flu ini menjadi berbahaya pada penderita AIDS, asma, jantung dan diabetes. Pencegahan dengan vaksin pneumonia dan menjaga kesehatan sangat dianjurkan karena sifat penyakit flu ini yang sangat mudah disebarkan.

8. Bunuh Diri (2,1 persen)

Data CDC ini hanya mencakup responden di wilayah Amerika Serikat saja. Tidak ada data pasti di Indonesia tentang kasus bunuh diri. Manajemen diri lebih memegang kendali untuk mencegah meningkatnya kasus bunuh diri di Indonesia seperti pendidikan agama dan budi pekerti, manajemen stres serta pembatasan konsumsi minuman keras dan obat-obat terlarang.

9. Gagal ginjal (1,7 persen)

Dengan mengontrol diabetes dan tekanan darah diperkirakan akan menghambat laju perkembangan penyakit ginjal yang berujung pada gagal ginjal seperti minum air putih yang cukup, olah raga teratur, berat badan yang sehat dan tidak merokok.

10. Alzheimer (1,5 persen)

Penyakit ini memang masih penuh dengan misteri. Kematian penderita alzheimer biasanya terjadi pada usia di atas 65 tahun. Belum adanya obat dan metode mencegah alzheimer membuat gaya hidup sehat menjadi satu-satunya saran untuk menunda munculnya penyakit ini di kemudian hari.

Tag: , , , ,

13 Tanggapan to “10 Penyebab Kematian Pria”

  1. aRuL Says:

    berarti kalo kanker prostat jarang yakz?😀

  2. djumadijayapura Says:

    Apakah penyakit asam urat dan kolestrol termasuk penyakit pria sepuluh besar karena penyakit ini sangat relefan terhadap pria

  3. eMo Says:

    klo yg buat wanita apaan neh?

  4. achoey sang khilaf Says:

    Semoga aku terhindar🙂

  5. stenlymandagi Says:

    …mati karena cinta, masuk urutan berapa ya?

  6. antokboz Says:

    aku tak ingin mati tragis…
    huhuhu..

  7. mpussbulat Says:

    Tiap kali aq baca soal cara hidup sehat pasti selalu aja menekankan untuk menghindari rokok.. Tapi kenapa kayaknya orang2 tetep aja doyan ngerokok y??

  8. gadgetplus Says:

    Jangan anggap cuma ini yang bisa bikin kita meninggal ya? Kelilipan aja bisa mati loh…

  9. Status (Quo) Mengharamkan Rokok atau Merokok ! « Sains-Inreligion Says:

    […] khawatir juga kalau logika yang sama bisa kita pakai untuk mengharamkan yang lain.  Misalnya, dari 10 sebab kematian pria maka rokok dan lemak adalah penyebab tertinggi. Kalau begitu rokok kita haramkan, juga lemak dong.  Lho mengapa lemak?, kan cukup rokok saja.  […]

  10. Hendri_Sutan Majo Indo Says:

    Informasi tambahan Nich…..
    Hasil dari WHO kalo orang meninggal 93% karena Sakit Kritis diantaranya yah itu yang disebutin. Sisanya 5% (Kecelakaan & Bunuh diri) dan 3% Meninggal secara NORMAL.
    Pertanyaannya????
    1. Kira2 kita meninggal diposisi yang mana???
    2. Kalo diposisi yang 93%, maka keluarga (anak, istri, saudara) jadi susah karena harus ngurusin kita, Nah sudahkah anda mempersiapkannya???
    3. Saya akan bantu anda supaya KELUARGA ANDA TIDAK TERLALU SUSAH, CARANYA….. kirim email ke hendri_karet@yahoo.co.id
    4. ok, saya tunggu.

  11. pradika enggar Says:

    kalo saya sih terserah allah aja…..jhaha
    moga moga aku trhindar dari segala penyakit…..amiiinn

  12. pradika enggar Says:

    aku hanya mau mati bila orang yang aku sayangi ada di sisi hidupku…..hagz_hagzz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: