Menggunting Kuku Bayi

trimming baby nailMungkin kita tidak menyangka jika ternyata kuku bayi dapat melukai bayi itu sendiri. Kuku bayi, selembut apapun memiliki kemampuan yang mungkin mengagetkan anda. Cakaran atau garukan atas rasa gatal yang dialaminya dapat membuat bekas pada kulit bayi anda.

Bagi orang tua, yang anda perlukan hanyalah alat yang tepat dan cukup kecil untuk mendapatkan hasil guntingan kuku yang cepat dan aman. Yang anda perlukan adalah pemotong kuku atau gunting kuku khusus untuk bayi. Gunting ini dapat diperoleh dengan mudah di toko-toko khusus peralatan bayi. Biasanya bentuknya yang mungil dan hasil guntingannya rata dan halus.

Yang perlu ibu lakukan saat memotong kuku bayi adalah :

  • Pegang jari kaki atau tangan dengan salah satu tangan. Untuk menghindari kelebihan potong, tekan kulit di bawah kuku agar kuku mudah dipotong.
  • Potong kuku dengan menggunakan tangan anda satunya dan ratakan bila anda merasakan ada bagian potongan yang terasa tajam atau kasar. Untuk jari tangan ikuti bentuk kuku tangan, tetapi untuk jari kaki anda dapat memotongnya lurus/
  • Memeriksa hasil potongan. Pastikan anda memeriksa kembali potongan kuku. Haluskan hasil potongan dengan alat penghalus yang biasanya terdapat dalam paket manicure bayi.

Yang perlu mendapat perhatian lebih adalah kuku jari tangan. Biasanya kuku jari tangan tumbuh lebih cepat dibanding kuku jari kaki. Saat memototng kuku tangan bayi, periksa juga kuku jari kaki (meskipun tidak perlu dipotong) untuk melihat ada tidaknya bagian kuku jari kaki yang tajam.

Kapan sebaiknya memotong kuku dilakukan? Tidak ada waktu terbaik untuk memotong kuku bayi anda. Biasanya selesai mandi kuku bayi akan melembut. Jika bayi anda tidak sering bergerak, ini adalah saat yang tepat memotong kuku bayi anda. Jika anda merasa kesulitan karena aktifitas bayi anda, maka anda bisa melakukannya saat bayi tertidur.

Jika tanpa sengaja anda memotong kuku bayi anda terlalu pendek, maka coba tekan-tekan hasil potongan anda dengan kain steril yang lembut agar bayi tidak merasa sakit. Bila timbul luka dan darah, cukup hentikan pendarahannya saja dan bersihkan dengan kain atau tisu yang steril. Jangan sekali-kali anda menutup luka bekas potongan kuku dengan pembalut luka/plester, plester dapat tertelan karena bayi memasukkan tangannya ke dalam mulut.

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: