Lego, Mainan yang Tak Lekang Oleh Waktu

legoLego, mainan ini berbentuk kotak-kotak beraneka warna yang dapat disusun telah menyihir banyak anak-anak di seluruh dunia. Tahun ini tepatnya 28 Januari 2008 lalu mainan ini tepat berusia 50 tahun sejak dipatenkan oleh penemunya Godtfred Kirk Christiansen.

Menyusun lego beraneka warna ini telah menjadi mainan yang sangat terkenal di seluruh dunia dan menjadi mainan yang sangat popular. “Tumpukan lego tidak lekang oleh waktu dan terus menyihir anak karena memberi kesempatan pada anak untuk mengembangkan kreatifitas, imajinasi dan keinginannya dengan bebas,” kata Charlotte Simonsen, jubir Lego di markasnya di barat Billund, sebuah kota di barat Denmark.

Perusahaan keluarga Lego didirikan, sebelum mainan lego ini sendiri ditemukan, oleh Ole Kristiansen tahun 1932. Nama Lego sendiri diambil dari dua huruf pertama bahasa Denmark, “Leg Godt” atau permainan yang menyenangkan.

Mainan ini memungkinkan anak-anak untuk menyususn kombinasi kotak mulai dari dua kotak yang dapat dibuat 24 kombinasi berbeda sampai 6 kotak dengan 915 juta kemungkinan kombinasi. Demikian diungkapkan menurut Lego.

Setelah setengah abad dengan lebih dari 400 juta anak dan dewasa yang memainkannya, lego telah menjadi mainan yang paling banyak menyita waktu sampai total lima milyar jam untuk menyusun dan membongkarnya sampai saat ini.

Permainan ini sempat mengalami krisis peminat akhir tahun 90an sampai 2004 saat harus bersaing dengan permainan elektornik dan komputer interaktif. Tahun 1999, Lego memperoleh predikat sebagai “Mainan Abad Ini” oleh majalah bisnis Fortune dari Amerika.

Lego kembali bersinar setelah dipimpin oleh Joergen Vig Knudstorp yang memfokuskan pada bisnis intinya dan menutup beberapa unit bisnis lainnya seperti buku dan pakaian. Pada tahun 2006 perusahaan ini kembali bangkit dan membukukan penjualan 1,5 milyar dolar di 130 negara di seluruh dunia dan mencatat keuntungan bersih sampai 300 juta dolar. Saat ini tercatat rata-rata tujuh kotak lego terjual setiap deti di seluruh dunia dengan 19 milyar kotak telah diproduksi setiap tahun. Cukup untuk membungkus ‘Sekeliling Bumi’ ini sampai lima kali.

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: