Tips Perjalanan Bagi Manula

manula bepergianBepergian merupakan aktivitas yang biasa. Tetapi bagi manula ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. “Penting bagi manula untuk mempersiapkan rencana bepergian terutama bila menggunakan pesawat terbang,” kata Dr. Sharon A Brangman salah satu anggota American Geriatrics Society (AGS).

Berikut beberapa tips sebelum melakukan perjalanan yang dikutip dari AGS

  • Persiapkan segala-sesuatu yang diperlukan, siapkan obat-obatan yang biasa dikonsumsi dan letakkan dalam kontainer yang kuat dan mudah dibawa untuk menghindari kerusakan.
  • Jika anda sudah sering konsultasi ke dokter, mintalah beberapa catatan tentang kesehatan anda dan bagaimana dokter anda menangani anda. Mungkin perlu juga dokter andamenuliskan jenis obat dan dosis yang biasa anda konsumsi. Informasi ini sangat membantu bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan semisal untuk pertolongan pertama.
  • Jika anda melakukan perjalanan jauh sehingga melewati zona waktu, tanyakan kepada dokter anda mengenai jadwal meminum obat. Bila perlu tanyakan jenis makanan lain yang mungkin dapat anda konsumsi yang tidak bertentangan dengan kesehatan anda.
  • Perbaharui vaksinasi anda. Jika anda melakukan perjalanan ke luar negeri dengan waktu yang cukup lama, maka sebaiknya anda perbaharui vaksinasi anda.
  • Udara dalam pesawat adalah udara kering. Untuk itu minumlah lebih banyak selama perjalanan.
  • Usahakan tidak duduk terlalu lama dalam perjalanan. Sesekali berjalan untuk menghindari penggumpalan darah yang biasa terjadi di kaki dan akan menghalangi aliran darah.
  • Bawalah cairan sanitasi/hand sanitizer untuk dipakai sebelum makan, terutama bia anda melakukan perjalanan dengan kendaraan umum yang ramai.

Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: