Alasan Kegagalan Kondom

kondomKondom adalah salah salah satu alat kontrasepsi yang cukup memiliki keandalan dalam mengurangi tingkat kehamilan dan penyebaran penyakit menular seksual. Dalam kondisi umum, pemakaian kondom sering kali tidak efektif dan gagal.

Beberapa alasan kegagalan tersebut bisa terjadi karena:

· Kondom tidak digunakan dengan benar

· Pecah/rusak selama hubungan intim

· Tidak diproduksi dengan benar (cacat produksi)

· Melewati tanggal kadaluwarsa (perhatikan dengan benar tanggal kadaluwarsa, karena sangat berkaitan dengan tingkat elastisitasnya)

· Rusak pasca produksi

· Digunakan lebih dari sekali

Petunjuk penggunaan kondom sering dipandang sebelah mata, padahal pemakaian dengan benar akan membuat kegunaannya dapat berfungsi dengan benar. Menggunakan kondom dengan benar antara lain dengan:

· Tidak merusak dan hati-hati saat membuka kondom dari kemasan

· Tidak menggulung kondom saat ereksi

· Mengunakan pelumas seksual yang benar (gunakan yang berbahan dasar air) dan tidak menggunakan pelumas dengan bahan dasar minyak pada kondom berbahan dasar latex, karena akan merusak kondom itu sendiri

· Lepaskan kondom saat penis masih tegak

Seringkali kondom rusak saat hubungan intim sedang berlangsung. Hal ini dapat disebabkan karena elastisitas yang mulai berkurang. Tindik (piercing) pada alat vital juga seringkali dapat merusak kondom. Kerusakan juga dapat terjadi karena pemakaian pelumas seksual yang salah. Yang perlu diperhatikan, hanya gunakan pelumas yang berbahan dasar air seperti jelly. Jangan gunakan pelumas berbahan dasar minyak seperti hand/body lotion atau baby-oil yang dapat merusak kondom.

Tidak semua kondom diproduksi dengan benar, untuk itu pakai kondom yang telah direkomendasikan oleh badan yang berwenang dengan melihat kemasan. Jika anda dan pasangan sedang menghindari kehamilan, usahakan selalu melihat tanggal kadaluwarsa dan usahakan selalu memakai kondom yang baru saat berhubungan intim.

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: