Usaha Baru Microsoft Atas Yahoo

Microsoft dikabarkan bersedia kembali ke meja perundingan bersama Yahoo setelah jajaran direksi Yahoo mendapat tekanan dari para pemegang saham di bawah pimpinan Carl Icahn. Icahn mengancam akan mengganti seluruh direktur Yahoo jika tidak mau kembali ke meja perundingan dengan Microsoft.

Bulan lalu Yahoo telah menyelesaikan percobaan selama dua minggu yang memungkinkan pemakai Google untuk menggunakan fasilitas Google dalam memasang iklan dengan mesin pencari Yahoo. Semenjak itu banyak yang memperkirakan keduanya akan bekerjasama. Jika keduanya bekerjasama diperkirakan akan menguasai pangsa iklan online sampai 80 persen.

Tampaknya Microsoft memiliki amunisi baru dalam pembicaraan yang belum diputuskan kapan pelaksanaannya dengan memanfaatkan tekanan pemegang saham Yahoo atas jajaran direksi. Sebelumnya Ballmer sendiri pernah menyatakan bahwa Microsoft sudah kurang berminat atas Yahoo. Icahn juga mendesak Yahoo untuk tidak membuat kesepakatan lain seperti kerjasama dengan Google.

Namun demikian banyak analis memperkirakan kerjasama Yahoo dan Google tinggal menunggu waktu saja.

Semenjak penarikan keinginan Microsoft atas Yahoo, saham Yahoo terus menurun dan berada pada US$27,66 atau turun tiga persen sejak Ballmer menarik diri diskusi. Sementara jajaran direktur Yahoo beranggapan bahwa harga Yahoo tak lebih rendah dari US$37 per saham, dan banyak analis pasar beranggapan nantinya akan tercapai kesepakatan Yahoo-Microsoft di angka US$34-US$35 per saham.

Sepertinya “keukeuh”-nya Jerry Yang mempertahankan angka US$37 per ssaham ini tak lepas dari tawaran Microsoft yang dahulu pernah dilakukan (awal tahun 2007) pada Yahoo yang akan membeli Yahoo pada angka US$40 per lembar saham, ujar salah seorang yang sangat dekat dengan Steve Ballmer yang menolak disebutkan jatidirinya.

Sumber AP

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: