Nilai Yahoo Sesungguhnya

Menurut analis pasar, ternyata nilai tiap kenaikan US$1saham Yahoo adalah kenaikan sebesar 1,4 milyar dolar untuk harga Yahoo sesungguhnya. Saya tidak bisa membayangkan nilai hampir 50 milyar dolar (yang hampir setara dengan cadangan devisa Indonesia) adalah harga situs Yahoo dan segala tetek-bengeknya.

Sebenarnya Jerry Yang menginginkan harga saham yang akan dijual tak kurang dari 38 dolar, walaupun sebenarnya mereka (Yahoo) menginginkan harganya sebesar 40 dolar per saham berdasarkan saran bankir Yahoo, kira-kira (40×1,4 milyar dolar = 56 milyar dolar). Microsoft sendiri menginginkan harganya tak lebih dari 33 dolar per saham.

Walaupun Jerry Yang telah menurunkannya menjadi 37 dolar per saham, Microsoft tetap pada pendiriannya bahwa harga yang masuk dalam perkiraan Microsoft adalah 33 dolar per lembar saham. “Setelah mempertimbangkan dengan hati-hati dan seksama, kami yakin bahwa permintaan Yahoo sangat jauh dari perkiraan dan harapan kami. Berdasarkan pertimbangan pemegang saham dan para karyawan kami memutuskan menarik tawaran kami,” ujar Ballmer setelah tambahan 5 milyar dolar tawaran Microsoft juga ditampik oleh Yahoo.

Sebenarnya nilai 37 dolar per saham adalah sebesar 51,8 milyar dolar harga Yahoo. Selisih 2,2 milyar dolar dari penawaran Microsoft terakhir 49,6 milyar dolar. Mari kita tunggu selanjutnya, apakah Jerry Yang akan “dimarahi pemegang saham Yahoo atau justru Steven A Ballmer yang salah.

Tag: , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: