EARTH, The Lucky Planet (Planet yang Beruntung)

EARTHSutradara: Alastair Fothergill, Mark Linfield

Penulis: Alastair Fothergill, Mark Linfield

Narasi: Patrick Stewart

Genre: Dokumenter

Bahasa: Inggris

Film dokumenter ini memberi gambaran betapa indah dan beruntungnya bumi ini. EARTH memperlihatkan kesempatan terakhir untuk melihat beberapa dari binatang-binatang cantik dari planet kita dan sebuah pertemuan pertama kali dengan lokasi spektakuler yang belum pernah ada di dalam film

Dimulai dengan cerita tentang bumi yang memiliki kemiringan 23,5 derajat akibat asteroid raksasa yang menghantam bumi 5 milyar tahun yang lalu. Dengan matahari sebagai panduan dan sumber kehidupan menjadikannya kombinasi yang sempurna dan menjadikan bumi sebagai planet yang beruntung.

Secara garis besar EARTH menceritakan migrasi dan kehidupan tiga satwa berbeda, yaitu beruang kutub, gajah Afrika dan paus humpback. Dari bulan Januari sampai Desember.

Di kutub utara, beruang kutub dengan kedua anaknya menyongsong matahari pertama bulan Januari dan berjuang untuk menemukan makanan sebelum es mencair. Ke selatan, gajah harus berjuang keras dan melakukan perjalanan panjang untuk menemukan air bagi kelompok dan anak-anaknya. Di paruh ketiga kita diajak mengikuti perjalanan paus humpback bermigrasi sejauh empat ribu mil bersama anaknya untuk mencari makan di kutub selatan.

Beruang kutub tersebut di-film-kan di pulau Svalband yang merupakan bagian dari Negara Norwegia yang terletak diantara laut Barents dan lautan Artik. Sedangkan profil gajah diambil dengan latar belakang gurun Kalahari di Afrika dengan delta Okavango sebagai akhir perjalanan. Paus humpback bermigrasi dari perairan barat Chili menuju kutub selatan hanya untuk mencari udang krill sebagai makanan utamanya.

Ditambah dengan selingan beberapa satwa lain yang berjuang hidup di bumi ini, membawa film ini semakin menarik untuk dinikmati.

Selama lima tahun pembuatan, dengan 45 orang kameramen, yang meliputi 204 lokasi berbeda di 62 negara menjadikan film ini merupakan film dokumenter yang patut ditonton keluarga sekaligus membawa pesan moral dan membuka wawasan kita perlunya kepedulian kita akan bumi tempat tinggal kita. Kepedulian tentang pemanasan global, melelehnya es kutub lebih cepat dan naiknya suhu udara permukaan bumi yang akan mempercepat kepunahan satwa.

Di akhir film kita ditantang untuk data hidup berdampingan dan menjaga rantai makanan di antara satwa tetap terjaga demi kalangsungan bumi bagi anak cucu.

Tag: , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: