Osteoartritis, Penyakit Degeneratif Engsel Tulang

Osteoartritis juga dikenal dengan nama osteoartrosis, terjadi ketika tulang rawan pada engsel mulai melemah. Osteoartritis ini dapat terjadi pada engsel manapun di sekujur tubuh kita, tetapi engsel yang biasa terkena antara lain pada siku tangan, lutut, pinggang dan pinggul.

Osteoartritis ini akan semakin memburuk seiring waktu dan belum ada pengobatan yang dianggap mampu menangani penurunan fungsi tulang ini. Pengobatan yang ada hanya untuk mengurangi nyeri yang terjadi dan menjaga aktifitas saja.

Gejala dan tanda-tanda

Gejala osteoartritis biasanya terjadi secara perlahan-lahan dan lama-kelamaan akan memburuk, gejala dan tanda-tandanya antara lain:

  • Nyeri pada engsel dan sambungan tulang selama atau sesudah digerakkan atau setelah lama tidakbergerak/tidak aktif.
  • Ngilu pada engsel saat mengangkat beban ringan
  • Kaku pada engsel saat bangun tidur atau setelah lama tidak bergerak
  • Kehilangan fleksibilitas yang membuat kita sulit menggerakkan engsel
  • Pada beberapa kasus terjadi pembengkakan

Penyebab

Osteoartritis terjadi karena tulang rawan yang menjadi ujung dari tulang yang bersambung dengan tulang lain menurun fungsinya. Permukaan halus tulang rawan ini menjadi kasar dan menyebabkan iritasi. Jika tulang rawan ini sudah kasar seluruhnya, akhirnya tulang akan bertemu tulang yang menyebabkan pangkal tulang menjadi rusak dan gerakan pada sambungan akan menyebabkan nyeri dan ngilu.

Penelitian juga mencurigai bahwa osteoartritis disebabkan oleh kombinasi banyak faktor seperti berat badan, proses penuaan, cedera engsel atau stres, kelelahan otot dan gen.

Faktor resiko

  • Umur. Osteoartritis biasanya terjadi pada manusia usia lanjut, jarang dijumpai penderita osteoartritis yang berusai di bawah 40 tahun.
  • Kelamin. Wanita memiliki kecenderungan menderita osteoartritis lebih besar. Belum diketahui mengapa.
  • Cacat tulang. Beberapa kasus orang lahir dengan kelainan engsel tulang akan lebih besar kemungkinan mengalami osteoartritis
  • Cidera engsel. Cedera yang terjadi karena aktifitas seperti olah raga atau kegiatan lain juga meningkatkan resiko terkena osteoartritis ini.
  • Obesitas. Membawa beban lebih berat akan membuat engsel sambungan tulang bekerja lebih berat, ditengarai memberi andil terjadinya osteoartritis.
  • Penyakit lain. Encok dan rematik juga dianggap memberi kontribusi pada timbulnya osteoartritis.

Jika anda merasa terjadi pembengkakan engsel tubuh atau kekakuan yang berlanjut hingga lebih dari dua minggu disarankan untuk segera memeriksakan diri. Jika anda telah mengkonsumsi obat untuk osteoartritis ini konsultasikan ke dokter untuk mengetahui efek samping yang dialami seperti mual, ketidaknyamanan pada perut atau konstipasi.

Pemeriksaan

Dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut jika diagnose menunjukkan anda telah terkena osteoartritis. Pemeriksaan tersebut dapat berupa:

  • Sinar-X. gambar sinar X pada engsel akan menunjukkan perubahan yang terjadi pada tulang seperti pecahnya tulang rawan.
  • Tes darah. Tes darah akan membantu memberi informasi untuk memeriksa rematik.
  • Analisa cairan engsel. Dokter akan mengambil contoh sampel cairan pada engsel untuk kemudian diketahui apakah nyeri/ngilu tersebut disebabkan oleh encok atau infeksi
  • Pengamatan dengan kamera (artroskopi). Artroskopi adalah alat kecil berupa kamera yang diletakkan dalan engsel tulang. Dokter akan mengamati ketidaknormalan yang terjadi.

Komplikasi

Penurunan fungsi tulang ini akan berlanjut terus. Beberapa penderita bahkan mengalami penurunan fungsi yang signifikan. Beberapa penderita akan berujung pada kehilangan kemampuan berdiri atau berjalan.

Jika engsel tersebut sudah parah, biasanya dokter akan menyarankan penggantian engsel dengan pembedahan. Pada beberapa penderita yang tidak bisa melakukan pembedahan akan dilakukan terapi nyeri/ngilu dan akan diajari cara menggunakan alat tambahan untuk mempermudah gerakan sehari-hari.

Pengobatan

Tak ada obat untuk menyembuhkan osteoartritis ini, yang ada adalah terapi untuk mengurangi nyeri dan ngilu serta menjaga pergerakan dan aktifitas sehari-hari. Pengangkatan dan penggantian engsel merupakan pilihan terakhir dan akan dilakukan jika semua cara terapi telah ditempuh.

Pengobatan awal pada osteoartritis ringan dapat berupa:

  • Istirahat. Jika terjadi nyeri/ngilu pada engsel dianjurkan untuk beristirahat sekurangnya 12 jam. Bergeraklah secara biasa tetapi hindari menggerakkan engsel yang sama secara berulang-ulang dan istirahat sekitar 10 menit setelah satu jam bergerak.
  • Olahraga. Dengan ijin dokter anda dapat melakukan olah raga biasa seperti bersepeda, jalan bahkan berenang. Olah raga ini akan meningkatkan daya tahan otot sekitar engsel. Jika mulai terasa nyeri/ngilu berhenti atau istirahat.
  • Gunakan kompres. Kompres hangat atau dingin mampu mengurangi nyeri/ngilu yang terjadi. Ginakan kompres hangat sekurangnya 20 menit sehari. Untuk kompres dingin dapat digunakan es batu.
  • Terapi. Mungkin anda memerlukan terapi khusus tulang agar anda dapat terpantau secara khusus sehingga peningkatan kemampuan gerak maju lebih cepat.
  • Kurangi stres engsel. Terapis akan membantu anda menemukan cara menghindari stres engsel.
  • Obat penghilang nyeri. Krim dan gel yang dijual di pasaran dapat menghilangkan nyeri sementara.
  • Sepatu penyangga. Cobalah untuk mempertimbangkan menggunakan sepatu penyangga. Hal ini akan mengurangi nyeri dan menambah mobilitas anda.

Osteoartritis akut

  • Obat penghilang nyeri. Obat semacam codein dan propoksifen dapat mengurangi nyeri pada osteoartritis akut. Konsultasi ke dokter akan efek samping yang mungki akan timbul.
  • Injeksi cortisone. Dokter akan menyuntikkan cortocosteroid pada engsel yang mempu mengurangi nyeri/ngilu.
  • Suplementasi-visco. Tindakan ini berupa injeksi turunan asam hyluronik yang akan mengurangi nyeri pada pangkal tulang. Tindakan ini hanya dilakukan pad osteoartritis pada lutut.

Operasi

  • Penggantian engsel (artroplasti). Engsel yang rusak akan diangkat dan diganti dengan alat lain yang terbuat dari plastik atau metal yang disebut prostesis.
  • Pembersihan sambungan (debridemen). Dokter bedah tulang akan mengangkat serpihan tulang rawan yang rusak yang mengganggu pergerakan dan menyebabkan nyeri saat pergerakan tulan.
  • Penataan tulang. Opsi ini diambil bila artroplasti bukan pilihan seperti osteoatritis pada anak dan remaja. Penataan ini dilakukan agar sambungan/engsel tidak menerima beban saat bergerak.

Pencegahan

Untuk mencegah anda terkena osteoartritis anda dapat melakukan dengan:

  • Makan makanan sehat seperti buah-buahan, sayur dan kacang-kacangan.
  • Minum obat yang direkomendasikan dokter
  • Mempertimbangkan menggunakan peralatan bantuan saat beraktifitas yang diperkurakan membahayakan.
  • Jaga gerakan yang dapat menyebabkan cidera tulang.
  • Jika mengangkat benda, usahakan beban terbagi merata pada seluruh sambungan tulang.
  • Pilih sepatu yang tepat.
  • Ketahui batas kemampuan gerakan dan kemampuan mengangkat beban anda
  • Teknik relaksasi juga dapat membantu seperti mengambil napas dalam dan hipnosis.

About these ads

Tag: , , , ,

12 Tanggapan to “Osteoartritis, Penyakit Degeneratif Engsel Tulang”

  1. ika Says:

    Ibu saya punya masalah dengan OA. Umur beliau sekarang 52 th. Sejak 2004 sudah ada tanda nyeri, dan diduga hanya asam urat. Sehingga pengobatan dilakukan selama -/+ 1 dengan obat anti nyeri (kalo saya tidak salah). Karena tidak kunjung membaik, saya minta rujukan ke RS Rd Kariadi Semarang (Kami tinggal di Kabupaten Rembang-Jateng).
    Setelah menjalani beberapa test, termasuk test darah dan foto rontgen, dokter bilang ibu saya kena OA dan seyogyanya menjalani terapi di RS Dr. Kariadi. Karena jauh (200 Km), bila dilakukan seminggu 2 kali kami keberatan.
    Kemudian ada saran agar ibu saya mengunjungi RS Happy land di jogja. Disana ibu mendapat suntikan di lutut (saya tidak tahu pasti apa, karena waktu itu saya sudah bekerja).
    Sekarang kurang lebih sudah 3 tahun, setiap beliau bangun tidur pasti harus merasa kesakitan dan susah untuk jalan. Beliau sempat baca artikel OA dan ketakutan jangan2 akan segera terjadi perubahan bentuk.
    Pertanyaan saya, berapa lama perubahan bentuk bisa terjadi?Berapa kira2 biaya yang dibutuhkan untuk operasi?Untuk daerah Jawa Tengah, kira2 rumahsakit mana yang bisa jadi tempat rujukan untuk kami?
    Artikel di atas sangat membantu kami. Terimakasih.

  2. wik Says:

    seperti mba ika juga….
    ibu saya jg di dianosa OA..berbagai cara yang uda di jalankan untuk pengobatan, mulai dari ke dokter tulang, dokter terapis, akupuntur, tradisional dan masi banyak lgi yg di pake..ibu saya juga setiap merasakan nyeri yang sangat, oleh dokter di suntik pada daerah yang nyeri (alhamdulillah nyeri bs membaik) tp itu berlangsung hanya sesaat.
    tp smp saat ini belum ada hsl yang memuaskan.
    yang ingin saya tanyakan, apa ada dampak negatif dari pemberian injeksi pada nyeri tsb???? apa itu tdk akan memberikan dampak ketergantungan pada penderita??? saya berada di daerah Bandung, jawa barat..untuk operasi dan terapi yang bagus dimana?? dan kira-kira berapa biaya yang dibutuhkan??? mohon bantuan dan penjelasannya,hal ini akan sangat membantu kami..trm ksh untuk kesempatan apabila berkenan menjawab…

  3. kontol Says:

    ajiiiiibbbbbbbbbbbbbbbbbbbb

  4. endos Says:

    mba2 diatas,,,sampai skrg blm ada obat untuk nymbuhin penyakitnya..yg ada cma obat simptomatis doank,,alias penghilang gjala aj,,,,

    ini kan penyakit degeneratif,,artinya mncul krna pnuaan,,krna “mesin” tubuh kitA uda lama dipake…lyakny mesin2 yg laen,,,lama2 kan kan rusak jga…gtu jg tbuh kita…kyak mobil klo mesinny macet,,bisa ganti olinya atau apalah yg bs membantu br msinny kmbali bkrja…gtu jga tbuh kita ,,,cma diberi obat skdar penghilang gjala..misalny penghilang nyeri kyak kortison gtu untuk kurangi nyerinya br kta bs lbh produktif gtu….

  5. herlambang Says:

    saya punya ibu yang menderita osteoartritis, saya pernah baca klo ada tanaman herbal rossa canina yang bisa mengatasi peradangan pada lutut, saya pingin tanya dimana saya bisa mendapatkan obat ini?
    apakah obat in tersedia di indonesia?dimana saya bisa mendapatkannya?

  6. torro Says:

    dimana saya dapat mendapatkan obatnya, ortu sya sudah 2 tahun mengalami oa, untuk jamu2 bisa ga untuk

  7. asenk Says:

    umur saya 25 th..satu tahun yang lalu saya pernah maen bola,dan waktu itu mengalami cedera pada lutut yang diakibatkan karena berhenti mendadak.dan waktu itu lutut saya langsung bengkak..saya divonis oleh dokter terkena OA. dan kata dokter saya tidak bisa maen sepak bola selamanya, bahkan untuk olahraga ringan.yang dianjurkan hanya senam..apakah ada obatnya???
    apakah operasi bisa mengobati lagi???
    apakah lutut saya bisa normal kembali????

    trimakasih sebelumnya

  8. Toh Bie Tin Says:

    operasi OA kira2 kena biaya brp ?

    apakah OA berbahaya ?

    trims..

  9. powbow Says:

    istri saya ber usia 25th. bertubuh mungil. ia pernah terjatuh dengan posisi lutut tang terhantam ke ubin. saat terjatuh tidak terlihat seperti benturan hebat. namun setelah beberapa minggu persendian lututnya semakin nyeri saat muli digerakan, semisal dari lurus ke tekuk dan sebaliknya?
    pertanyaanya pa ini termasuk Osteoartritis?masuk kekategori berat atou ringn?

  10. yeni Says:

    ibu sy jg DIVONIS dokter terkena OA sejak setahun yg lalu,. obat yg diberikan dokter hanya mengatasi sakit sesaat aja begitu obat abis rasa ngilu muncul kembali, lebih2 jika suhu udara dingin maka rasa ngilu akan muncul kembali.
    adakah makanan atau buah2an yg bs dimakan untuk mengurangi rasa sakitnya??

  11. indah Says:

    bagi siapa saja yang udah tahu dimana tempat rossa canina dijual tolong hubungi kami di email :kenzaelilmy@yahoo.com. Trims sebelumnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: