Gereja Tertua Di Dunia

oldest churchPakar Arkeologi Yordania baru-baru ini berhasil menemukan puing-puing gereja yang diklaim sebagai gereja tertua di dunia yang berumur hampir 2.000 tahun.

“kami menemukan gereja tersebut yang diperkirakan berasal dari tahun 33 sampai 70 setelah masehi,” ujar kepala pusat studi arkeologi Rihab Yordania, Abdul Qader al Husan.

Sedangkan uskup gereja Yunani Orthodox, Archimandrite Nektarious berkomentar bahwa penemuan ini merupakan penemuan benting dan menjadi bagian tak terpisahkan dari perkembangan Kristn di dunia.

Dalam penggalian tersebut juga diketemukan sebuah terowongan yang diperkirakan menjadi sumber air

Rihab menjadi perkampungan gereja dimana diperkirakan terdapat 30an gereja di wilayah tersebut.

About these ads

Tag: , ,

9 Tanggapan to “Gereja Tertua Di Dunia”

  1. Alfred Says:

    Kalau Hal ini benar, ini mememang sebuah penemuan yang besar. bagi sejarah gereja Dunia dan akan mendukung pembuktian sejarah bahwa Kekristenan dimulai dengan Kasih. sepertrti yang terjadi pada gereja mula-mula seperti di kisahkan dalam Kisah Pararasul 2. Harapan saya juga bukan sampai di situ saja melainkan mencari tahu bagaimana cara jemaat mula-mula dahulu hidup. Ini memang sudah tertulis namun untuk lebih menjelaskan melalui dunia ilmu pengetahuan (yang biasanya nyari-nyari bukti yang susah-susah) bahwa cara hidup jemaat mula-mula adalah cara yang paling baik untuk dipraktekkan kembali pada jaman sekarang.

    Alfred

  2. marco Says:

    iya ,betul juga itu

  3. intan Says:

    wah…2.000 tahun??? benar2 gereja yg sangat tua…
    bahkan 2.000 tahun berarti 20 abad dong!!!
    ckckckc…..hebat bener ya???

  4. awie Says:

    Sebenarnya sih lebih tepat kalau disebut bangungan gereja tertua di dunia. karena gereja sendiri sudah ada jauh sebelum kelahiran Tuhan Yesus Kristus. Tapi informasi ini sungguh luarbiasa sekali karena membuktikan bahwa umat Kristen sudah melakukan ibadah bersama di awal abad Masehi. Puji Tuhan.

  5. Stela tangkilisan Says:

    Terpujilah sampai selama lamanya Tuhan kita….

  6. julius Says:

    hebat ini merupakan tambahan semangat bagi kita umat yang dipilih ALLAH dan juga menambah iman agar tetap menjaga Iman , penantian ,dan kasih.Semoga kita bersama2 dalam kerajaan sorga ALLAH saat anaknya datang ke 2 kalinya

  7. niko Says:

    sngguh2 luar biasa trnyta umat kristiani sudh lama trbntuk,,siapa ya yg mndirikn grja tsb???/

  8. Tesa Says:

    Kebenaran Allah akan terus terungkap,dengan ditemukannya gereja tertua didunia,itu bukti nyata bahwa Allah memang ada dan orang-orang yang takut akan Allah sudah ada sejak 2000 tahun lalu sampai hari ini,lewat berdirinya gereja2 sampe hari ini.wah kita bangga bahwa kekristenan bukan mitos tp terbukti ada lewat sejarah

  9. Renold simatupang Says:

    Mantap, tp awas tar di kleaim ma orang yang sirik yang menyatakan itu buka greja, karna orang sirik orang yang tak mampu, truskan penelitian nya, GBU

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: