Bagaimana Downgrade Dari Vista ke XP

downgrade Vista 2 XP

Tak dipungkiri bahwa Windows XP masih dianggap lebih cepat dari Vista pada spesifikasi komputer yang sama, bahkan menggunakan RAM yang lebih rendah serta rang hard disk yang lebih sedikit. Bahkan SP3 membuat XP beralan lebih cepat lagi dibanding Vista SP1. Windows Explorer-pun lebih sering crash pada Vista. Inilah yang sering membuat orang frustasi pada Vista. Lalu bagaimana cara kita kembali lagi ke XP setelah kita meng-install Vista?

Sebelum mulai pastikan hard disk anda masih tersisa beberapa gigabyte pada boot-drive (biasanya C). Tunggu beberapa saat sampai komputer anda selesai mem-back up seluruh hard disk. Jika anda memakai Vista Business atau Ultimate anda dapat melakukannya dengan Complete PC Backup dan Restore tool.

Mulai dengan booting menggunakan disk XP: Hidupkan PC dan masukkan CD, lalu tekan spacebar saat ada perintah Press any key to reboot from CD… Jika anda tidak melihat pesan tersebut, masuklah di BIOS setup dan ubahlah urutan booting dengan CD booting sebagai pilihan pertama.

Saat XP Setup mulai, tekan R untuk membuka Recovery Console. Jika anda diminta menutup instalasi Windows, tekan angka (biasanya 1) dan tekan Enter.

Screen Dgrade Vista 2 XP

Jika anda akan ditanya password Administrator. Jika anda tidak mengetahuinya, anda harus booting kembali ke Windows Vista, buka menu Start, dan tulis lusrmgr.msc, dan tekan Enter. Buka folder C:\Users lalu double-click akun Administrator dan matikan akun dengan disable option. Buka menu Start kembali, tuliskan Control userpassword2 pada kotak pencarian lalu tekan Enter. Kemudian pilih Reset Password, dan tuliskan password baru, dan restart ulang.

Sekarang pada Recovery Console command prompt, tuliskan command seperti di bawah untuk mempersiapkan hard disk anda kembali ke XP:

fixboot

fixmbr

cd\

ren windows winvista

exit

Ketika me-restart PC, masukkan CD XP anda untuk mulai booting kembali dan lanjutkan setup secara normal.

Saat setup selesai, anda harus memindahkannya secara manual. Termasuk dokumen, isi desktop dan data-data pribadi anda yang anda perlukan untuk dipindah dari C:\Users (pada Vista) ke C:\Documents and Setting (pada XP). Anda juga perlu meng-install kembali seluruh aplikasi dan driver sebelum akhirnya anda menghapus folder C:\Winvista

Tanpa CD XP Setup anda anda tidak akan menemukan Recovery Console. Pilihannya adalah anda menggunakan PC recovery disk.

Sebelum anda mulai, anda harus mem-back up file yang anda anggap penting dan perlu. Sayangnya anda sudah tidak bisa menggunakan aplikasi back up milik Vista lagi karena XP tidak akan membaca tool-tool Vista dalam XP – bisa dimengerti. Yang paling mungkin anda lakukan adalah meng-copy data anda ke penyimpanan eksternal (via USB atau koneksi eSATA) sehingga anda dapat mengambil kembali saat XP anda berfungsi dengan normal. Pastikan anda telah mem-back up folder C:\Users yang akan membawa anda pada direktori dokumen, semua yang anda miliki di desktop dan data aplikasi seperti e-mail dll.

Pilihan lain downgrade ini adalah menggunakan konfigurasi dual-booting. Yang anda perlukan adalah hard disk kedua atau partisi dari hard disk utama untuk diinstall XP

disarikan dari pcmag

About these ads

Tag: , , , , ,

21 Tanggapan to “Bagaimana Downgrade Dari Vista ke XP”

  1. Uki Says:

    Numpang tanya pak, bagaimana caranya kalau kita mau membuat konfigurasi dual OS (Vista & XP) dengan OS Vista terpasang terlebih dahulu ? Apakah harus mem-format C (Vista) terlebih dahulu baru kemudian di install ulang (C:XP & D:Vista) ataukah bisa langsung meng-install Vista di D ?

    Terima kasih.

  2. Uki Says:

    Maaf, pertanyaan saya yang terakhir yang benar adalah “…. ataukah bisa langsung meng-install XP di D ?”

    Terima kasih.

  3. gadgetplus Says:

    Saya belum pernah coba, tetapi setahu saya bisa langsung install dengan tujuan D:. Saran yang pernah saya baca sih sebaiknya install OS yang lama terlebih dahulu sebelum OS yang lebih baru. (mungkin untuk menghindari terjadinya konflik).

    Ato ada temen2 yang bisa bantu?

  4. Rizal Says:

    saya baru saja men downgrade Toshiba Satelite L130, semua driver sudah terinstal dengan baik “working properly” tapi anehnya driver souncardnya gak bisa mengeluarkan “suara” padahal di Device Manager sudah terinstal semuanya…. sekedar info Drivernya direcovery dari vista basic bawaaandari Laptopnya… tanhk b4

  5. T. Tirta Marga Says:

    Mau tanya, saya mau downgeade vista ke xp namun installer XP tdk bisa mendeteksi harddisk sehingga installasi tdk bisa di lanjtkan…

    mohon bantuannya harddisk sdh saya format pakai disk manager dan di masukkan OS DOS tapi installer xp tetap tdk bisa baca harddisk tersebut

    mhn bantuannya. terima kasih

  6. aruhadi Says:

    Mas, boleh kopas ya buat ane pasang di Intranet…Ada temen saya yang membutuhkan…

  7. yudhi Says:

    tolongin dong saya sudah berapa kali coba untuk downgrade vista ke XP tapi g bisa2. mint apetunjuk yang lebih jelas n lengkap donk bagaimana caranya…thx alot b4

  8. tedie Says:

    to T.Tirta Marga : Hard Disk na kayaknya SATA… jadi mesti ada tambahan driver untuk detect SATA-na… download dulu utk driver SATA nya trs merge pake software nLite dgn windows driverna…

  9. aan Says:

    saya sudah coba donwgrade vista ke xp, tapi masih belum maksimal. sound tidak bisa aktif dan jaringan internet yang ada tidak bisa connect dan terpaksa di buat jaringan tambahan, namun kecepatannya hanya 100 sementara jaringan lama bisa 400. Gimana solusinya ya ???

  10. baquz Says:

    Salam semua, saya punya laptop HP pavilion seri dv6000 pingin banget downgrade vista ke XP, gimana caranya ya? abisnya ada beberapa software yang ndak bisa jalan di vista. Mohon rekan2 kalo ada pencerahannya..
    Thank a lot..

  11. inyo Says:

    hallo smua
    gmn caranya dokumen and setting pada vista,soalnya kalo kalu dokumen g di tata rapi jadi keliatan berantakan end ngebingungin??
    tq

  12. el Says:

    for : uki.

    loe bisa lasung install OS xp or vista loe di drive yg loe maw. otomatis loe pnya dua os di laptop loe.

  13. Ame Zeedenk Says:

    Kalau downgrade vista to XP, hardisk gak baca karna typenya sata, teman2 bisa pakai software nlite buat pack driver satanya, aku dah nyoba n berhasil. C U

  14. oyra Says:

    kenapa habis downgrade, resolusi xp nya jadi jelek, 4`info laptop merk lenovo think centre T61

  15. michael Says:

    @oyra
    krn driver graphic cardnya ilang, coba install graphic card drivernya

  16. aulya abrar Says:

    mas numpang nanya :
    klu ngg’ d’backup dl ngg’ papa kan?

    n jg, pas d’masukin cd master xp, ngg’ da respon apa pun,padahal udah setting di bios…
    pa yg salah tu mas…
    mhon bantu

  17. firhat Says:

    mantap gan

  18. AT Says:

    Saya mendowngrade win vista k xp pd saat booting berjalan press any key dstnya malah dtkn malah kembali lg k win vista. Pdahal cd xp tdk bermasalah dan sukses trus. Bagaimana solusinya?

    • awan Says:

      bisa dipastikan bahwa penyebabnya adalah metode AHcI pada harddisk SATA, di mana pada PC keluaraan terbaru saat ini mode dalam posisi enabled. untuk mengubahnya cukup masuk ke dalam BIOS motherboard anda dan kemudian mematikan fungsi AHCI mode yang otomatis akan menyalakan mode ATA untuk menjadikan instalasi menjadi lebih mudah.

  19. nana Says:

    sy baru nyoba partisi vista dgn xp
    krn kurang teliti, langsung pastisi tsb di active, padahal belum di install
    di restart hilang semua
    layar hitam & hanya terbaca ctrl alt del restart
    bagaimana cara mengembalikan vista nya ya?
    ada yang bisa bantu ?
    thx

  20. jim Says:

    salam semua,

    saya melihat ini sudah thread lama, tetapi kebetulan saya memiliki masalah yg sama.

    saya membeli laptop setahun lalu dengan OS ori windows vista home premium. tetapi sangat jarang saya gunakan karena 2 hal, sering crash dan meminta re formatting serta kebetulan saya masih punya laptop kantor.

    2 hari yg lalu saya kirim laptopnya ke IT kantor untuk di install windows xp service pack3. hal ini karena pada saat laptop minta reformatting dan saya lakukan hal yang sama terjadi fatal error dimana laptop tidak bisa melakukan format ulang.

    si IT guy langsung install tanpa pakai cek sana sini dulu, langsung hajar bleh (menurut saya dia ceroboh dan coba-coba). akhirnya si laptop malah ada muncul blue screen dengan notifikasi fatal error dan tidak bisa masuk ke vista lagi.

    selanjutnya saya coba browsing2 untuk mencari cara downgrade nya dan menemukan blog ini.
    mohon bantuannya bagaimana menyelesaikan masalah ini.
    spesifikasi laptop saya:
    hp pavillion dv2-1123ax

    salam,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: